Headlines

Judul: Sekolah Palu: Bangkit dari Puing-Puing Gempa dan Tsunami


Judul: Sekolah Palu: Bangkit dari Puing-Puing Gempa dan Tsunami

Gempa bumi dan tsunami yang melanda Palu pada tahun 2018 meninggalkan puing-puing dan duka yang mendalam bagi warga Palu dan sekitarnya. Banyak infrastruktur hancur, termasuk sekolah-sekolah yang menjadi tempat belajar bagi anak-anak di wilayah tersebut. Namun, di tengah puing-puing tersebut, terdapat sebuah cerita inspiratif tentang perjuangan dan keberanian Sekolah Palu untuk bangkit kembali.

Sekolah Palu merupakan salah satu sekolah yang terdampak parah oleh bencana tersebut. Namun, dengan semangat yang tak kenal menyerah, para guru dan muridnya bekerja sama untuk memulihkan sekolah mereka. Mereka membersihkan puing-puing, memperbaiki bangunan yang rusak, dan mencari cara agar proses belajar mengajar tetap berjalan meski dalam kondisi yang sulit.

Para guru di Sekolah Palu juga memberikan dukungan psikologis bagi murid-murid mereka yang trauma akibat bencana tersebut. Mereka memberikan ruang untuk berbicara dan berbagi perasaan, serta memberikan motivasi agar para murid tetap semangat dalam belajar meski di tengah kesulitan.

Berbagai pihak pun turut membantu Sekolah Palu dalam proses pemulihan. Bantuan dana dan material mulai mengalir, baik dari pemerintah maupun dari berbagai lembaga dan individu yang peduli terhadap pendidikan di Palu. Dengan bantuan tersebut, Sekolah Palu dapat segera kembali berdiri dan melayani para muridnya.

Melalui perjuangan dan kerja keras bersama, Sekolah Palu akhirnya berhasil bangkit dari puing-puing gempa dan tsunami. Mereka menjadi simbol kekuatan dan ketahanan dalam menghadapi bencana, serta inspirasi bagi sekolah-sekolah lain di Indonesia.

Referensi:
1. “Sekolah Palu Bangkit dari Tragedi Gempa dan Tsunami”, liputan6.com
2. “Kisah Inspiratif Sekolah Palu yang Bangkit dari Puing-Puing Bencana”, kompas.com
3. “Peran Guru dalam Mendukung Pemulihan Sekolah Pasca Bencana”, jurnalpendidikan.com